Home > Referensi

Fungsi Manfaat RAM CPU GPU Android

Dalam dunia android sudah tidak asing lagi kata-kata berapa RAM nya? CPU nya berapa CORE? GPU nya bagus ga buat game? hmmm, mungkin cukup membingungkan bagi yang awam yah hehehe, oke akan kita bahas sekarang juga dengan bahasa yang lebih mudah dimengerti tentunya.

RAM Android

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory, Semua aplikasi yang sedang kita jalankan maupun yang sudah diclose sebenarnya masih tersimpan dalam RAM, dan sewaktu-waktu akan lebih cepat dan mudah dipanggil untuk melanjutkan proses tanpa kehilangan data sebelumnya. Semakin besar RAM maka semakin banyak proses aplikasi yang bisa dijalankan dibackground tanpa lemot dan memberatkan prosesor.

CPU Android

CPU (Central Processing Unit), adalah pusatnya semua proses yang terjadi dalam ponsel smartphone anda. Apa yang sedang smartphone jalankan maka prosesor ini akan bekerja semaksimalnya mengimbangi proses yang berjalan. Ukuran prosesor saat sangant variatif, mulai dari single core, dual core, quad core, hexa core sampai octa core. Dengan kecepatan berbeda-beda mulai dari kecepatan MHz sampai GHz. Semakin tinggi kecepatan prosesor semakin cepat proses dijalankan tanpa lag, semakin banyak core maka semakin ringan prosesor menjalankan aplikasi.

GPU Android

GPU (Graphics Processing Unit) adalah prosesor khusus yang bertugas untuk mengolah tampilan grafis seperti image, video, aplikasi dan game yang memiliki resolusi baik rendah atau tinggi. Tanpa GPU maka performa smartphone kurang maksimal, jika meainkan game dengan resolusi tinggi maka prosesor CPU bertugas sendirian untuk merender gambar dengan terpaksa dan menjalankannya sendirian. Dengan adanya GPU maka kerja CPU akan lebih ringan karena berbagi tugas dengan GPU tanpa harus mengabaikan kualitas gambar.

Bagaimana CPU RAM GPU Bekerja?

Saat anda membuka aplikasi maka inilah yang terjadi.
  • Membuka aplikasi 1
  • CPU bekerja membawa aplikasi 1 ke RAM dan Menjalankannya
  • Membuka aplikasi 2, CPU menghentikan proses aplikasi 1 dan RAM tetap menyimpannya jika CPU masih membutuhkannya nanti
  • CPU bekerja membawa aplikasi 2 ke RAM dan Menjalankannya
  • Membuka aplikasi 3 GAME, CPU menghentikan proses aplikasi 2 dan RAM tetap menyimpannya jika CPU masih membutuhkannya nanti
  • CPU bekerja membawa aplikasi 3 GAME ke RAM dan ke GPU dan Menjalankannya
  • GPU merender gambar aplikasi 3 GAME, CPU cukup ringan menjalankannya tanpa perlu render gambar
  • Kembali Membuka aplikasi 1, CPU dan GPU menghentikan proses aplikasi 3 GAME dan RAM tetap menyimpannya jika CPU masih membutuhkannya nanti
  • CPU mengambil kembali aplikasi 1 yang ada di RAM dan melanjutkan proses yang sebelumnya tadi sudah tersimpan
  • Membuka aplikasi 4,5,6,7,8,9,10 dst... bersamaan
  • Jika memory RAM tidak cukup menampung aplikasi tersebut maka Aplikasi 1,2,3 aka di hapus secara otomatis
  • CPU akan bekerja bolak balik mencari dan mengambil proses dan memprosesnya sesuai kecepata CPU tersebut. Jika Core kecil dan kecepatan CPU rendah, anda harus sabar menunggu CPU anda yang kelelahan dan terasa panas


  • Demikian penjelasan tentang CPU GPU dan RAM, jadi kesimpulannya GPU dan RAM adalah sahabat penting yang sangat membantu kinerja prosesor (CPU). Jika RAM kecil maka proses yang bisa dilakukan prosesor hanya bisa 1-2 kali kerja dan diletakkan kembali ketempat asal yang jauh, jika RAM besar maka proses bisa diambil lebih dekat dan disimpan lebih dekat. Jika ada GPU maka CPU bisa fokus memproses jalannya sistem sedangkan kualitas gambar dan kecepatan gerak gambar bisa dihandle oleh GPU sendiri.

Jika ada pertanyaan lebih lanjut seputar Fungsi Manfaat RAM CPU GPU Android silakan post komentar dibawah. Jangan lupa tetap jaga ketentraman dan kesopanan dalam berdiskusi.